Paguyuban Prabasari Lereng Gunung Slamet Sambut Pergantian Tahun Hijriah Dengan Pawai Obor

0
294
Pawai obor selalu dilakukan warga Desa karangsari setiap tahunnya. Meski berjalan kaki berkeliling desa, para anak-anak dan remaja serta orang dewasa tidak merasa kelelahan.

Pemalang, Harian Pemalang – Menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, warga Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menggelar pawai obor keliling kampung, Rabu (20/9/2017) malam. Ribuan warga, dari orang tua, remaja, hingga anak-anak cukup antusias mengikuti pawai obor.

Pawai obor selalu dilakukan warga Desa karangsari setiap tahunnya. Meski berjalan kaki berkeliling desa, para anak-anak dan remaja serta orang dewasa tidak merasa kelelahan.

Bahkan, mereka sangat gembira dengan menyambut tahun baru Islam. Suasana tambah meriah dengan diiringi suara calung, genjring serta suara kembang api.

Selain Pawai obor juga ada gunungan hasil bumi yang ikut di arak keliling desa, kegiatan tersebut di selenggarakan oleh paguyuban Prabasari Lereng gunung slamet.

Bambang Supendi, Guru besar paguyuban prabasari mengatakan tradisi seperti ini merupakan kegiatan tahunan paguyuban prabasari sebagai bentuk ungkapan sukacita warga sekaligus ungkapan rasa syukur kepada allah swt dalam menyambut Tahun Baru Islam 1439 H.
Di samping kegiatan pawai obor tersebut besok juga akan di laksanakan kegiatan pagelaran wayang kulit serta berbagai kegiatan lainya ungkapnya.

Sementara itu salah satu tokoh pemuda sekaligus ketua KNPI kecamatan pulosari Hindarto mengatakan sangat bangga dengan di adakanya kegiatan tersebut apalagi kegiatan ini di juga di meriahkan oleh berbagai kesenian tradisional sehingga sekaligus sambil mencontohkan kepada masyarakat untuk nguri uri kebudayaan tradisional yang sekarang hampir punah walaupun dalam momen menyambut tahun baru islam namun kesenian tradisional juga ikut serta memeriahkan.(Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + twenty =