Uniknya Baritan Sebagai Puncak Acara Sedekah Laut Di Asemdoyong, Pemalang

0
730
Larung sesaji dalam acara puncak sedekah laut di TPI Asemdoyong, Taman, Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Baritan merupakan salah satu tradisi masyarakat pesisir pantai utara Jawa sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki yang melimpah serta panjatan do’a agar ditahun depan rejeki tetap melimpah. Tradisi yang diselenggarakan oleh masyarakat nelayan desa Asemdoyong dengan puncak acara larung sesaji dalam rangka Baritan bertepatan dengan tanggal 01 Suro 1951 / 01 Muharam 1439 H yang dipusatkan di TPI Desa Asemdoyong Kec. Taman Kab. Pemalang, Kamis (21/09/2017).

Prosesi Larung sesaji yang dimulai dari Balai desa Asemdoyong diawali dengan kirab Ambeng Laut yang diiringi musik angklung, drum band, kuda lumping dan rebana dilanjutkan Upacara Ritual dan Ruwatan Larung Sesaji di TPI Asemdoyong, dimulai pukul 07.30 wib.

Sesaji yang berupa kepala kerbau, aneka hasil bumi, aneka kebutuhan sehari hari dan berbagai macam sesaji lainnya setelah diberi do’a diiringi oleh puluhan kapal Kapal nelayan yang berisikan keluarga nelayan dan masyarakat lainnya akhirnya dibawa ketengah laut untuk dilarung.

Sesuai dengan kepercayaan masyarakat nelayan Asemdoyong, sesaji yang dilarung ketengah laut tersebut diperebutkan para nelayan yang mengejar dengan kapal yang dihias berwarna warni. Kalaupun tidak mendapatkan sesaji tersebut, nelayan akan mengguyur atau mencuci perahu/kapalnya dengan air laut yang dekat sesajen yang dilarung tersebut.

Selain acara puncak acara, rangkaian peringatan sedakah laut dalam rangka Baritan di Asemdoyong juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan berupa Turnamen Sepak Bola yang dimulai pada tanggal 13 – 20 September 2017 mulai pukul 15.00 wib s/d selesai bertempat dilapangan desa Asemdoyong

Pengajian Umum dilaksanakan hari Rabu tanggal 20 September 2017 pukul 20.00 wib bertempat di TPI desa Asemdoyong

Pagelarang Wayang Kulit Ki Dalang Warseno Slank dari Surakarta dilaksanakan hari Kamis tanggal 21 September 2017 pukul 20.00 wib – selesai bertempat di TPI desa Asemdoyong

Hiburan Orkes Musik Dangdut pada hari Jum’at siang dan malam tanggal 22 September 2017 pukul 13.00 wib – selesai dan 20.00 wib – selesai bertempat di TPI desa Asemdoyong.

Hadir dalam kegiatan Bupati Pemalang diwakili Kadis Perikanan Kabupaten Pemalang bapak Mutohir, M, Si, Kapolres Pemalang diwakili Waka Polres Pemalang Kompol Arianto Salkery, S.H,.M.H., Dandim 0711 Pemalang diwakili Danramil 02 Taman Kapt Inf Mukahir, Kadiskopinda Kab. Pemalang, Kadis Pariwisata Kab. Pemalang, Syahbana, Forpimka Taman, Dan Pos AL Tanjungsari Pemalang, Kades Asemdoyong, Ketua pengurus KUD Mina Misoyo Makmur desa Asemdoyong, Ketua pengurus TPI desa Asemdoyong, HNSI Kabupaten Pemalang, Sesepuh desa Asemdoyong, Para Nelayan desa Asemdoyong Kec. Taman Kab. Pemalang dan Warga Masyarakat desa Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dan pengunjung ± 2.000 orang (Red.HP)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 3 =