Seorang Prajurit TNI-AD, Sukses Ternakkan Burung Berkicau Karena Hobi

0
1217
Serda Syafii sedang menunjukan Burung Murai yang juara 1 disetiap perlombaan.

Pemalang, Harian Pemalang – Berawal dari hobinya terhadap  burung berkicau,  Syafi’i salah seorang prajurit TNI-AD yang bertugas di Koramil Ampelgading, Kodim 0711 Pemalang berhasil menernakkan berbagai jenis burung berkicau.

Berawal dari hobi,  sejak masih awal menjadi prajurit yang suka memelihara burung di setiap tempat yang ditugaskan. Dari ternak burung yang digelutinya sekarang sudah memilki 150 ekor berbagai  burung. 

“Pertama kali beternak burung belajar dari otodidak karena hobi. Kemudian lama kelamaan burungnya menjadi banyak diantaranya cecak rowo 25 pasang, murai, jalak dan kacer total 150 ekor,” kata Serda Syafii Babinsa Karang Talok.

Sedangkan untuk penjualan hanya hanya dilayani untuk yang masih anakan tidak yang sudah besar dan dilakukan via online atau melalui grup jual beli burung ke seluruh Indonesia. Walaupun dilakukan dengan otodidak namun tidak ada kendala yang berarti. Proses mulai ternak yaitu dengan menjodohkan burung selama 15 hari setelah bertelur 15 hari berikutnya akan menetas jadi proses keseluruhan selama satu bulan sekali.

Dari semua burung paling laku Burung Murai dan Cecak Rowo setiap pasang bisa mencapai Rp.10 juta.
“Satu bulan bisa 2 pasang yang terjual sehingga mampu  mencukupi biaya operasional. Walaupun dalam beternak semua burung tersebut dilakukan berdua dengan istri,” tandasnya.

Burung Murai apabila tidak diternakan akan susah hidup karena habitatnya di alam sulit berkembang. Beternak burung itu tidak gampang karena  harus ada keterikatan batin saling menyayangi  burung dan merawatnya dengan kasih sayang. Pemeliharan semua burung tersebut selama ini dibantu istri.

“Semua burung ini kami berdua dengan suami yang merawatnya, karena beternak burung itu tidak gampang. Apalagi tergolong burung yang langka dan memilki nilai jual yang tinggi,” ujar Hariyanti istri (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + 1 =