Celeng Resahkan Petani Longkeyang, Perbakin Pemalang Turun Tangan

0
308
Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin)  cabang Pemalang. Pada Sabtu (23/09/2017), menurunkan beberapa anggotanya untuk membantu petani memburu babi hutan di desa Longkeyang

Pemalang, Harian Pemalang – Petani Desa Longkeyang, Kecamatan Bodeh,  Kabupaten Pemalang,  Jawa Tengah resah dengan adanya serangan hama babi hutan (celeng) yang setiap malam merusak dan memakan tanaman jagung di ladang mereka, bahkan celeng tersebut sudah berani masuk di ladang yang berada didekat pemukiman di Desa Longkeyang. 

 

“Hampir setiap malam sawah kami yang sedang ditanami jagung dirusak oleh babi hutan (celeng) bahkan tanaman jagung yang berada disamping rumah kami di dukuh Katiyah juga ikut dijarah. Kami para petani benar -benar dirugikan dan berharap ada pihak lain yang ikut mengatasi kondisi tersebut untuk membantu  petani Desa Longkeyang”, ujar Endang salah seorang warga Desa Longkeyang.

 

Adanya keluhan tersebut rupanya ditanggapi secara positif oleh Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin)  cabang Pemalang. Pada Sabtu (23/09/2017), menurunkan beberapa anggotanya untuk membantu petani memburu babi hutan tersebut.

“Kami sudah mendengar keluhan warga Desa Longkeyang yang tanaman jagungnya diserang oleh celeng sehingga tanaman banyak rusak dan ini sangat merugikan petani,  oleh karena itu kami, pengurus Perbakin merasa terpanggil untuk bisa membantu mengatasinya, “kata Diar Hendratno salah seorang pengurus perbakin Pemalang.

 

Lebih lanjut dikatakan oleh Diar Hendratno,  kedatangan tim penembak Perbakin Pemalang ke Desa Longkeyang sebanyak 15 (lima belas) orang merupakan bukti empati pengurus Perbakin Pemalang kepada para petani sekaligus bentuk aksi sosial untuk ikut membantu petani menghadapi serangan babi hutan.

“Setidaknya kami bisa mengurangi kerugian petani yang diakibatkan oleh serangan babi hutan yang menyerang tanaman” tambahnya.

 

Terkait dengan kegiatan berburu babi hutan yang dilakukan tim perbakin,  Diar Hendratno juga berharap agar para pertani juga proaktif ikut membantunya dilapangan dengan cara memberitahukan titik-titik mana yang biasa dilalui oleh babi hutan sekaligus jangan membunyikan sesuatu yang membuat babi hutan lari dari jarak tembak karena perburuan ini akan kami lakukan dimulai jam 20.00 sampai pagi hari.

 

Sementara itu kepala Desa Longkeyang Soni HD menanggapi secara positip terkait adanya Perbakin yang ikut membantu petani.

“Kami atas nama warga Desa Longkeyang mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Perbakin Pemalang yang dengan sigap langsung ke Desa Longkeyang mendengar keluh kesah warga kami yang tanamannya diserang babi hutan,  kami berharap apa yang dilakukan perbakin bisa mengurangi kerugian para petani ,” pungkas Kades Sony HD. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + eighteen =