Pemdes Saradan Klarifikasi Berita Tidak Benar Di Media Online

0
252
Ketua LPMD dan TPK berfoto usai memberikan keterangan di Balai Desa Saradan.

Pemalang, Harian Pemalang – Klarifikasi atas pemberitaan yang dinilai tidak benar oleh suatu media online nasional, dilakukan oleh pemerintahan  Desa Saradan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, di hadapan para wartawan, Selasa (26/9).

Pemdes Saradan, mengelar Klarifikasi ini disebabkan oleh tudingan salah satu oknum LSM di Pemalang dan diberitakan di salah satu media online nasional yang menyatakan proyek desa  ditilep Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Karena pemberitaan yang disampaikan itu tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

“Yang ditulis  oknum salah satu media online dengan judul ” Diduga Proyek Dana Desa di Desa Saradan Banyak Ditilep TPK” dengan narasumber salah satu LSM di Pemalang  tersebut  adalah fitnah yang sangat keji dan suatu itikad pembunuhan karakter,” kata Ketua TPK MH Hisyam..

Tahapan pelaksanaan proyek di desa sudah secara baik dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) sudah melalui prosedur yang benar, dimulai dengan musdus, musdes dan seterusnya sampai pada perencanaan dan pelaksanaan. Pengawasan proyek secara melekat dilakukan bersama masyarakat setempat terdekat.  Proyek tersebut  juga melibatkan semua pihak diantaranya LPMD, Karang Taruna, Pemdes, Tokoh Masyarakat.

“Dengan pengawasan dari semua pihak sangat kecil kemungkinan proyek di desa yang dikelola Tim Pelaksana Kerja (TPK)  melakukan penyelewengan, kok malah TPK dituduh merugikan negara 50% dari total anggaran dari mana menghitungnya,” tandasnya.

Kekeliruan yang sangat fatal yang dilakukan oknum LSM tersebut tidak pernah melakukan konfirmasi, baik dengan Pemdes maupun TPK. Sedangkan nama Suji yang disebut dalam pemberitaan media online itu sebagai ketua LPMD Saradan adalah tidak benar. Pemberitaan yang dilansir salah satu media online itu bertentangan dengan fakta-fakta dilapangan. Semua itu bisa kami buktikan dengan komitmen yang sangat kuat dari Pemdes, TPK, Karang Taruna, LPMD, Tokoh Masyarakat dan masyarakat yang secara kompak mempunyai komitmen bersama mengawasi pekerjaan proyek tersebut,  dan dapat di pastikan tidak ada penyimpangan anggaran negara DD sebesar 50% , seperti yang dituduhkan oleh oknum LSM tersebut.

“Kami tidak pernah diwawancarai tentang hal tersebut dan dapat kami pastikan itu berita sepihak dan tidak imbang. Semua itu bisa dibuktikan dengan tulisan yang tidak benar mengenai ketua LPMD Saradan atas nama Suji karena ketua LPMD adalah saya,” Ujar Ketua LPMD Saradan Sumar.
Kemudian ketika oknum LSM datang ke lokasi proyek pada saat kerikil baru ditata untuk dilakukan pengaspalan,  baru penataan awal, belum diratakan dengan alat berat dan belum diaspal. Sudah dituduh dengan penyimpangan, pekerjaan belum selesai dilaksanakan. Sehingga dengan pemberitaan yang tidak benar itu Pemdes dirugikan dan dicemarkan, maka dengan berita tersebut meminta agar oknum LSM dan media online yang bersangkutan untuk meminta maaf pada warga Saradan karena telah mencemarkan nama baik TPK Desa Saradan.

“Semua kegiatan pembangunan di Desa Saradan dari awal perencanaan sampai tahap pelaksanaan dan finising dilakukan secara tranparan agar masyarakat umum juga ikut mengawasi termasuk papan proyek juga kami pasang dilokasi. Kemudian secara keseluruhan kami juga memasang di Baldes Saradan, terus dari mana penyimpangannya”,jelasnya. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + twenty =