Bupati Pemalang Lakukan Jamasan Kereta Kencana Dan Benda Pusaka Kabupaten Pemalang

0
220
Bupati Pemalang H. Junaedi melakukan prosesi penjamasan kereta kencana dan benda pusaka Kabupaten Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Dalam rangka nguri uri kebudayaan, pemerintah kabupaten Pemalang mengadakan “Jamasan kereta kencana dan benda pusaka Kabupaten Pemalang” yang dilaksanakan di belakang rumah dinas Kabupaten Pemalang, Senin (2/10/2017).

Sekitar 70 undangan menghadiri   acara ini antara lain Forkompinda Kabupaten Pemalang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, Kepala OPD Kabupaten Pemalang, perwakilan Camat se Pemalang.

Ketua Pelaksana kegiatan Muhammad Arifin juga selaku kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pemalang, menyatakan bahwa jamasan pusaka ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia ditengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan. Memelihara dan melestarikan kekayaan budaya Jawa yang merupakan bagian dari kekayaan budaya bangsa Indonesia.

“Merawat dan memelihara benda pusaka warisan leluhur Kabupaten Pemalang yang memiliki sejarah. Serta sebagai perwujudan untuk membersihkan diri dari kebhatilan dan keburukan.” ungkap Kadis Penbud Kabupaten Pemalang menyatakan maksud dan tujuan dari prosesi penjamasan benda pusaka ini.

Hal senada juga diungkapkan boleh bupati Pemalang H. Junaedi. “Dalam upaya nguri uri kebudayaan Adi luhung terutama seni budaya hasil karya budaya masa lampau dan masa sekarang. Ini merupakan sebuah simbolis dalam rangka warga masyarakat yang telah melaksanakan sedekah bumi, sedekah laut, dzikir bersama dll  maka ini merupakan upacara adat.” kata bupati Pemalang.

Prosesi penjamasan kereta Kyai Seto Mraman oleh bupati Pemalang H. Junaedi

Prosesi jamasan benda pusaka dan kereta kencana Kabupaten Pemalang diawali dengan boyong kereta kencana pada hari minggu sore (1/10/2017) dengan dilakukan do’a bersama dan penjamasan benda benda pusaka dan kereta kencana Kabupaten Pemalang oleh KRAT Purwanto Condro Nagoro, BA., yang diawali oleh bupati Pemalang H. Junaedi.

Dalam jamasan ini beberapa pusaka yang dijamas dan digelar bagi khalayak adalah pusaka Kereta Kyai Turonggojati dan Kereta Kyai Seto Mraman, tombak 1 buah, keris 3 buah, tongkat 1 buah. (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =