“Selamat Tinggal” Calam

0
1813
Kasatpol PP Kabupaten Pemalang Wahyu Sukarno ketika memasang tanda pelarangan pada bangunan ilegal di blok Siwareng atau Calam di sebelah utara terminal Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Bangunan liar blok Siwareng yang dikenal dengan Calam di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pelutan selain di kenal sebagai bangunan ilegal juga disinyalir sebagai tempat prostitusi. Oleh karena itu pemerintah kabupaten Pemalang dalam hal ini Satpol PP Kabupaten Pemalang akan melakukan penertiban.

Sebagai langkah pertama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pemalang, Wahyu Sukarno Msi melaksanakan rapat koordinasi persiapan penertiban bangunan liar Blok Siwareng ( calam ) Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, di ruang rapat Setda, Jum’at (6/10/2017) mulai pukul 09.10 sampai dengan 11.00 Wib.

Selain Kasatpol PP hadir dalam koordinasi ini antara lain Purjanto SH (KaKesbangpol Kabupaten Pemalang), Drs Tutuko Raharjo (Kadishub Kabupaten Pemalang)
Tengku F. Fadil (Kepala BPN Pemalang), Kapten inf Suprapto (Pasi intel Kodim 0711/Pemalang), Lettu Hendro (Dansub Denpom Pekalongan), Drs Suhirman (Camat Pemalang), Sapardi (Staf dinsos), para perwakilan OPD Kabupaten Pemalang serta Para tamu undangan.

Menurut Wahyu Sukarno, Kasatpol PP Pemalang menyatakan bahwa dasar rencana penertiban yaitu adanya indikasi pelanggaran perda No 18 th 2016 tentang pengelolaan barang milik daerah. Berdasar perda tersebut maka atas perintah Bupati dan Sekda Kabupaten Pemalang untuk memberikan surat teguran kepada para pemilik bangunan yang ada di lokasi tersebut.

Sebagai tindak lanjutnya, Satpol PP Pemalang telah memberikan surat teguran sebayak tiga kali. Surat teguran 1 pada 11 September 2017, dilanjutkan pada Surat teguran 2 pada 20 Sep 2017, dan Surat teguran ke tiga pada 28 Sepetember 2017. Akan tetapi para pemilik bangunan liar tidak mengindahkan surat teguran tersebut sehingga dapat di lakukan penindakan secara paksa.

“Adapun Pelaksanaan penindakan penertiban bangunan liar Blok Siwareng Kelurahan Pelutan Kec Pemalang Kab Pemalang (dikenal dengan Calam/warung remang-remang) akan di laksanakan Pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017 mulai pukul 07.30 sampai Selesai.” kata Wahyu dalam rapat koordinasi.

Adapun sasaran penindakan penertiban bangunan liar Blok Siwa Rengganis, Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabu Pemalang sebanyak 31 bangunan liar yang di gunakan sebagai warung remang-remang/bangunan lainya.

Dibentuk 3 regu penertiban berasal dari satpol PP yaitu : Regu A Pimpinan Eri Wibowo SH dengan didukung sebanyak 20 satpol dan 10 satbinmas. Regu B Pimpinan Sumar SE, dengan 20 satpol dan 10 salin Madaniyah terakhir Regu C dipimpin oleh Hardi SIP dengan kekuatan 20 satpol dan 10 satlinmas.

Penindakan penertiban bangunan liar sepenuhnya di lakukan oleh anggota satpol PP dengan pengamanan dan pengawalan dari anggota Kodim 0711/Pemalang anggota Polres Pemalang dan Anggota Subdenpom IV/1-2 Pekalongan. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × five =