Solusi  Permasalahan  Manajemen  SDM Perbankan  Syariah 

0
472
Ilustrasi bank syariah

Opini Mahasiswa 

Oleh : Ahmad akmal –STEI SEBI

Jakarta, Harian Pemalang – Perkembangan perbankan syariah di indonesia tumbuh sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir , menunjukan bahwasan nya minat masyarakat terhadap perbankan syariah bertambah dengan pesat. Dengan ini bank syariah peminta di kalangan masyarakat bertambah keinginan nya untuk beralih bank ke bank syariah, Tetapi di balik kesuksesan bank syariah ada yang menjadi permasalahan dalam perbankan syariah yaitu belum adanya ketersediaan sumber daya manusia yang memadai,baik kuantitas maupun kualitas. Dalam hal ini perbankan syariah harus di dukung oleh manajemen sumber daya manusia, sebab,tidak mungkin suatu bank syariah dapat mencapai kesuksesan tanpa di dukung manajemen sdm yang berkualitas.

Persoalan sumber daya manusia sangat penting di bank syariah. Yang pertama dimana maraknya perbankan syariah di indonesia tetapi tidak di imbangin dengan sdm yang memadai, terutama sdm yang lulusan dari program ekonomi syariah masih sangat minim, di bandingkan dengan sdm yang sekarang, yaitu lulusan dari program studi konvensional, dengan kondisi seperti ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan perbankan syariah, yang kedua tidak memiliki pengalaman dalam ekonomi syariah , hanya bermodal pengetahuan tentang bank syariah saja. Tentu ini hal yang menjadi permasalahan sekarang yang menjadi dasar-dasar oleh bank-bank syariah di indonesia.

Di indonesia sendiri, banyak sekali institusi bank syariah, namun dalam hal manajemen sumber daya manusia nya masih kurang di perlihatkan kompeten dalam hal ke ekonomi syariah , dimana dalam hal ini perlu sekali pendidikan tentang bank syariah dan ekonomi islam dalam mengembangkan sdm yang ada di bank syariah agar lebih profesionalitas , memahami ekonomi islam dari sejak mulai di sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dengan hal ini sdm yang ada bisa berkembang dengan kualitas yang baik untuk kedepan nya.
Perkembangan bank syariah ini tentunya juga harus di dukung oleh sumber daya manusia yang memadai, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, namun realistas yang ada sekarang ini ialah masih banyak sdm yang selama ini masih berhubunngan dengan institusi bank syariah, tidak memiliki pengalaman akademis dan praktek bank syariah , tentu dengan kondisi seperti ini bisa mempengaruhi kinerja profesionalitas perbankan syariah itu sendiri. Sumber daya manusia yang berkualitas yang di butuhkan oleh bank syariah adalah Sdm yang secara keilmuan nya faham tentang konsep bank syariah dan ilmu ekonomi syariah dan tidak tercampur dengan unsur konvensional, industri perbankan syariah adalah bagian dari sistem ekonomi sislam, sehingga di samping kebutuhan akan sdm untuk bank syariah tersebut di butuhkan pula sdm untuk mengembangkan ekonomi syariah
Tujuan pengembangan ekonomi syariah adalah untuk merancang dan membangun suatu sistem ekonomi yang dapat memberi manfaat bagi setiap orang dengan tidak mengorbankan kepentingan dan prestasi pribadi berdasarkan nilai-nilai ajaran islam,Upaya untuk mengembangkan ekonomi syariah haruslah di ciptakan nya sdm muslim yang menguasai seluk-beluk tentang bank syariah dan ekonomi islam. Namun, tanpa adanya rasa kepedulian terhadap perkembangan ekonomi syariah saat ini, maka pengetahuan dan ke ahlian tersebut hanya akan bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan tidak memberikan manfaat kepada orang lain.

Tugas untuk menciptkan Sumber daya manusia tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab institusi pendidikan , baik formal maupun non formal dan di mulai dari sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi, materi pendidikan harus menciptakan Sdm yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan dan mampu menumbuhkan ketertarikan nya kepada ekonomi syariah, agar bisa membangkitkan semangat dalam mengembangkan ekonomi syariah, oleh karna itu ada beberapa langkah yang harus di perlukan dalam membangun sdm yang syariah .Pertama, perlu adanya regulasi undang-undang dan kebijakan pemerintah terhadap pengembangan bank syariah yang memungkinkan ekonomi syariah bisa berkembang sangat pesat. Kedua, Perlunya sosialisasi tentang ekonomi syariah kepada lembaga pendidikan, Melalu seminar ataupun latihan, Ketiga, Saatnya mendirikan sekolah tinggi ekonomi islam(STEI) di indonesia untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang faham tentang ekonomi islam dan perbankan syariah dan yang terakhir, perlu di bentuk lembaga sertifikasi sumber daya manusia yang berbasis syariah, Sehinggan sumber daya manusia yang bekerja di bank syariah sudah di jamin Kualitas nya.

Upaya membangun sdm perbankan syariah yang berkualitas di masa depan adalah tugas yang sangat berat. Tugas ini seharusnya di lakukan kerja sama oleh pemerintah dan institusi pendidikan, dengan ini pemerintah dan institusi pendidikan harus ikut berperan aktif dan proaktif dalam membentuk dan menyediakan SDM yang berkualifikasi baik. Agar terciptanya sdm yang berkualitas

Dengan demikian segala sesuatu yang di lakukan oleh bank syariah dengan baik, benar, terencana dan terstruktur dengan rapih, maka akan terhindar dari sesuatu yang tidak baik dari sdm nya itu sendiri, jadi harus melakukan sesuatu yang baik untuk mencetak sdm-sdm yang berkompeten dan dapat mengembang ekonomi syariah . (Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 3 =