Dorong Minat Baca, Cawagub Ini Komit Bangun 1000 Perpustakaan Sekolah di Jawa Tengah

0
54
Foto bersama setelah acara penguatan budi pekerti di SD Negeri 1 Ngaliyan, Semarang.

Semarang, Harian Pemalang – Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 mendatang, Dede Indra Permana Sudiro akan bangun 1000 Perpustakaan Sekolah di Jawa Tengah dalam rangka mendorong minat baca masyarakat Indonesia.

“Sekolah adalah tempat yang tepat untuk menumbuhkan minat membaca. Sebelum itu, kita perbaiki dulu perpustakaannya  jika belum ada kita bangun  ke depannya harus ada 1000 perpustakaan Sekolah yang layak,” tutur Dede ketika diwawancarai di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis  (13/10).

Menurut Dede, kurangnya minat baca masyarakat dipengaruhi oleh akses buku yang sulit seperti di beberapa  perpustakaan sekolah yang hanya menyediakan sedikit buku. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan 1000 sekolah di Jawa Tengah akan membuat perpustakaan yang nyaman dan lengkap.

“Untuk melengkapi koleksi buku, pemerintah sudah pasti akan memfasilitasi namun masyarakat juga boleh berkontribusi. Kedepannya, saya akan mengkampanyekan budaya membaca kepada masyarakat umum,” imbuh Dede.

Dede yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Tengah berencana akan menggandeng para penggiat literasi untuk mengajak masyarakat senang membaca. Menurutnya, perlu ada sinergi dari semua pihak untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat baca.

“Minat baca memang harus didorong sejak dini. Keluarga dan sekolah punya peran penting untuk mengajak anak-anak biasa membaca, saya prihatin sekali mendengar kita urutan ke 60 dari 61 negara” pungkas Ketua Umum Karang Taruna Jawa Tengah itu.

Menurut data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), menyebutkan bahwa dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca, persentasenya sendiri yaitu 0,01 persen.(Red.HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 5 =