24 Desa Di Kabupaten Pemalang Yang Siap Mendeklarasikan ODF

0
162

Pemalang, Harian Pemalang – Deklarasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke 10 dan Kampanye Menuju Kampung Sehat Kabupaten Pemalang Tahun 2017 dihadiri tidak kurang dari 600 orang, di lapangan Sidodadi desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Senin (16/10/2017) mulai 07.30 sampai 10.45 Wib.

Deklarasi ini dihadiri oleh H.Junaedi SH.MM (Bupati Pemalang), Forkopimda Kabupaten Pemalang, Widya Utami SKM,MKM dari Kementrian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Prop.Jateng, Para Asisten Setda Kabupaten Pemalang, Para OPD Kabupaten Pemalang, Muspika se Kabupaten Pemalang, Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Kades/Kalur se Kabupaten Pemalang, Dinas Puskesmas Bantarbolang, Ketua TP.PKK Kab.Pemalang, TP.PKK se Kabupaten Pemalang dan Dinas pertanian Kabupaten Pemalang.

Bupati bersama rombongan berkenan menanam bibit pohon cemara di lingkungan lapangan tersebut. Dilanjutkan dengan Pembacaan filosofi HCTPS sedunia oleh Fatwa (Juara I Kabupaten duta lingkungan sehat STBM kategori anak sekolah) dari SDN 01 Kabunan Taman.

Puluhan murid sekolah mempraktekan dan mendemontrasikan cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang baik.

Sebagai simbol dibukanya deklarasi Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Bupati Pemalang melepaskan balon. Dan meninjau stand sanitasi (Stand pameran terdiri dari kegiatan STBM berupa foto-foto kegiatan, pengelolaan air bersih, rumah sehat) wirausaha sanitasi dan stand usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) Kecamatan Bantarbolang.

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang H. Junaedi mengatakan sebagaimana yang telah dicanangkan di Kabupaten Pemalang tahun 2011 di dukung oleh semua stekholder dan seluruh elemen masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui dinas kesehatan untuk melakukan kegiatan sanitasi dengan menyediakan infrastruktur dibidang kesehatan dan Deklarasi ODF se Kabupaten Pemalang.

“Ucapan terimakasih kepada anak-anak yang sudah melaksanakan praktek cuci tangan pakai sabun dan kita perlu berbangga karena anak didik kita Fatwa (Juara I Kabupaten duta lingkungan sehat STBM kategori anak sekolah) SDN 01 Kabunan Taman. Tetap tunjukan semangat kerja kerja dan kerja untuk menuju Pemalang hebat.” kata bupati dalam sambutannya.

Widya Utami SKM, MM dari kementerian kesehatan RI mengapresiasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pemalang yang sudah meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarang dan hari ini ada 24 desa yang siap mendeklarasikan ODF.

“Peran Bupati dan jajaran OPD yang sudah mendukung jalannya Deklarasi Desa/Kelurahan ODF dan Peringatan HCTPS di wilayah Kabupaten Pemalang sehingga dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya komitmen untuk Deklarasi Desa/Kelurahan ODF oleh 24 Desa harapannya masyarakat bisa melaksanakan sehingga terbebas dari penyakit dan membiasakan pola hidup sehat.” terang Widya Utami. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × five =