Polres Pemalang Isi Materi Hukum Di TMMD Sekuyung Tahap III 2017 Kodim 0711 Pemalang

0
84
Program non fisik TMMD sekuyung tahap III tahun 2017 Kodim 0711 Pemalang

Polres Pemalang Isi Materi Hukum Di TMMD Sekuyung Tahap III 2017 Kodim 0711 Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – TMMD sekuyung tahap III tahun anggaran 2017, Kodim 0711 Pemalang dilaksanakan di desa Karangtalok, Kecamatan Bodeh, Pemalang, selain membangun sarana fisik juga dilaksanakan program non fisik.

Bekerjasama dengan Polres Pemalang mengadakan program penyuluhan hukum terpadu terhadap warga sekitar desa Karangtalok, selasa (17/10/2017). Tidak kurang dari 85 orang terdiri dari toga, tomas, toda dan ibu2 PKK.

 

Kasubag Hukum Polres Pemalang AKP ABDUL KHOLIK S.H. memberikan penyuluhan hukum terpadu itu sendiri terbagi beberapa materi diantaranya penanganan ujaran kebencian dan tindak pidana pungutan liar.

Dalam menyampaikan materi Akp Abdul kholik, SH mengajak audiens yang hadir agar lebih bijak dalam penggunaan media sosial, sebab sekarang ini orang sangat mudah dipengaruhi dengan berita atau kabar dimedia sosial tanpa mengecek kebenarannya.

“Kita mengajak agar tidak menyebarkan fitnah atau berita bohong yang menyangkut kebencian terhadap orang atau kelompok lain sehingga menimbulkan kerugian terhadap orang lain sampai keresahan dikalangan masyarakat bahkan bisa mengancam kamtibmas bangsa ini” ujar Akp Abdul kholik, SH.

Ia juga menambahkan tentang praktek pungli (pungutan liar) oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dikalangan instansi pemerintahan khusus diwilayah Kabupaten Pemalang agar masyarakat tidak memberi cela sebagai penyuap unsur melancarkan dan mempercepat urusannya, ikuti prosedur yang ada dan jangan memberikan apapun diluar ketentuan administrasi sesuai penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan laporkan kepada team saber pungli kab. Pemalang apabila melihat atau mengalami korban pungli dari oknum.

Selain dari kepolisian, juga ada materi Upaya penegak keadilan sesuai peraturan Mahkamah Agung RI tentang tindak pidana ringan dan jumlah dendanya yang diisi oleh team humas dari Pengadilan negri Pemalang. Pemahaman dan pencegahan tindak pidana korupsi dengan pembicara FAHRUROZI, SH.MH dari kejaksaan negri Pemalang. Kopentensi /kewenangan absolut peradilan agama dan penelantaran/kekerasaan dalam rumah tangga serta penyelesaiannya dipengadilan agama oleh Muh
Anas SAg, sedang dari Kodim pemalang Letda.Inf Norma firdaus mengisi materi tentang peran pemuda dalam nasionalisme bela negara.

Semua rangkaian penyuluhan hukum disampaikan oleh pengisi materi dengan lugas dan mudah agar mudah dipahami dengan harapan masyarakat mengerti tentang hukum. (Red.HP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 4 =