Cegah Aids, PL Sirandu Lakukan Test HIV

0
393
Suasana test HIV/AIDS disalah satu Cafe di kompleks Sirandu mall Pemalang

Pemalang, Harian Pemalang – Tempat hiburan malam di Kabupaten Pemalang ditengarai rentan dengan penyakit menular salah satunya adalah Human Immunoficiency Virus( HIV) yaitu virus yang yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immune Defecieny Sindrome) yang merupakan kumpulan dari gejala infeksi atau sindrom yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia oleh HIV. Untuk menanggulangi hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang bekerja sama dengan Komisi Perlindungan AIDS Kabupaten ( KPAK) Pemalang, LSM Peduli AIDS, dan Kafe karaoke melakukan kerja sama dengan cara test darah terhadap para karyawan yang bekerja di kafe/ karoke.

Seperti yang dikemukakan Surip Kepala seksi (Kasi) pencegahan, pengendalian penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pemalang ketika melakukan test darah di salah satu kafe di Sirandu pada beberapa waktu lalu.

” Tes HIV ini kami lakukan tiga bulan sekali kepada seluruh karyawan kafe dan karyawan hiburan malam karena tempat hiburan salah satu tempat yang beresiko untuk tertularnya HIV oleh karena kami kunjungi ( visity). Apabila ditemukan indikasi dan kami curigai, selanjutnya LSM (aids) yang akan menindaklajuti untuk melakukan pendekatan”, ungkap Surip.

Surip juga menegaskan tes HIV ini kebutuhan mereka, mereka butuh sehat, dan yang tahu hasil test ini LSM Komisi Perlindungan Aids (KPA) Kabupaten Pemalang yaitu konselor test reaktif HIV.

“Kami berharap penyakit HIV tidak semakin menyebar dan setelah diketahui, diobati, mereka yang terindikasi jangan menyebarkan ke orang lain”, tandasnya.

Sementara itu, Anastasyia Adiyaksa Tobing dari FKPB (Forum Komunikasi Peduli Pemalang Batang) mengatakan, ini kegiatan rutin tiga bulan sekali dan dilakukan secara rolling dari kafe yang satu ke kafe yang lain di wilayah Kabupaten Pemalang dan selama ini tidak ada kendala.

“Mereka well come terhadap kegiatan kami dari Pemandu Lagu (PL), karyawan, manager dan kami berharap agar teman-teman tetap menjaga prilaku seks yang sehat, dengan cara setia dengan pasangannya, gunakan kondom apapun yang terjadi, karena kita tidak pernah tahu secara langsung perilaku seks mereka, dan sebagai catatan penting tentang siap yang terindikasi kena HIV adalah privasi, jadi cuma kami yang mengetahuinya dari test khusus HIV ini”, tegas Anastasia.

Sedangkan salah satu Pemandu Lagu (PL) sebut saja Dinda ketika dimintai komentarnya mengatakan, “kami baik-baik saja melakukan test HIV dan ini sangat bagus, kami mendukung progran test HIV yang diselenggarakan oleh Pemda Pemalang dan kepada teman-teman tidak usah takut selagi kita hidup dengan pola sehat kenapa harus takut?”, ujar PL yang bekerja di salah satu kafe di Sirandu.(Red.HP/JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + 12 =