Hari Santri Nasional Untuk Menunjukan Esksistensi Santri Sebagai Penerus Bangsa

0
81

Pemalang, Harian Pemalang – Peringatan hari santri nasional tahun 2017 Kabupaten Pemalang di pusatkan di halaman Gedung Serba Guna Pemalang, Minggu (22/10 /2017) 

Apel Besar yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama [PC NU] Kabupaten Pemalang dihadiri oleh lebih dari seribu santri yang memadati halaman Gedung Serba Guna. Hadir pula  Bupati Pemalang H. Junaedi, SH, MM, Dandim 0711 yang diwakili Pasi Ops Kapten Arh Eko Pujiarto, Kapolres Pemalang yang diwakili Kasat Binmas AKP Agus Salim, Ketua dan pengurus, Pimpinan Cabang NU Kab. Pemalang, KH.Dasuki, S.Pd, Muspika Kecamatan Taman, MWC NU se Kab. Pml, Pimpinan anak cabang [PAC] Muslimat NU, GB Anshor, Banser, IPNU/IPPNU, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati menyatakan bahwa Keputusan Presiden RI No. 22 th 2015 tentang hari Santri tanggal 22 Oktober, hal ini merupakan bukti pengakuan Negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal serta mempertahankan Kemerdekaan RI.

“Kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI yang berdasarkan Pancasila dan bersendikan Bhineka Tunggal Ika,” tambahnya.

H. Junaedi mengingatkan tentang momentum hari santri ini yang perlu ditranformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan karena spirit Nasionalise bagian dari Iman.

Pemikiran bupati Pemalang H.Junaedi juga di dukung oleh sekretaris PC. Ansor Pemalang, Masruri. Menurut Masruri, sebagai kader Ansor,  makna hari santri nasional ini semakin mempertegas peran santri dalam rangka ikut mewujudkan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 lewat fatwa resolusi jihad KH Hasyim Asy’ari.

Oleh karena itu dengan semangat hari santri nasional ke 3 ini, kini
saatnya santri indonesia mengambil peran strategis dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia di segala bidang. Santri bukan hanya yang pernah ngaji dan mondok saja, tetapi setiap orang yang berakhlaq santri dialah santri.

Sebagai kader Ansor, Masruri berharap peringatan hari santri nasional Hari Santri Nasional tahun ini dapat menjadi penyemangat baru semua komponen bangsa agar bersama-bersama membangun bangsa mewujudkan negara yang baldatun toyibatun wa robul ghofur. Kedepan HSN bukan hanya milik santri NU tetapi milik semua lapisan masyarakat bangsa ini.

Dihubungi lewat ponselnya, ketua Banser Cabang Pemalang, Asyari juga mengatakan hal senada.

“Banser bagian dari santri haruslah mampu  mengawal NU dan NKRI sebagar loyalitas kami terhadap Ulama dan Bangsa” ungkap Asyari.

Sedangkan generasi muda IPNU-IPPNU, Taufik Akbar Rosyidi ketua departemen jaringan komisariat sekolah dan pesantren IPNU menyatakan bahwa momentum ini,  santri harus menunjukan eksistensi nya menjadi penerus bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.(Red.HP/SE)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 5 =