Sumpah Pemuda Jiwai Pelantikan SMSI Jawa Tengah 2017-2022

SMSI Jateng 2017-2022 Dikukuhkan

0
64
Foto bersama seusai pelantikan pengurus SMSI Jateng

Semarang, Harian Pemalang  – Bertempat di ruang Lokarida, Gedung Moch. Ikhsan Balaikota Semarang, pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jateng periode 2017-2022 resmi dilantik, Sabtu (28/10/2017). Pelantikan yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 28 Oktober ini dihadiri berbagai kalangan, dari kalangan jurnalis, mahasiswa, dan beberapa pejabat yang hadir dari perwakilan Polda Jateng, Kodam Diponegoro, Pemerintah Provinsi Jateng, Pemerintah Kota Semarang, SMSI Pusat, PWI Jateng, dan lainnya.

Pelantikan yang dirangkai dengan seminar nasional itu dihadiri juga Dr. Jawade Hafiz dosen FH Unissula, Dr. Noor Achmad anggota DPR RI, dan lainnya dalam pelantikan dan seminar nasional yang bertajuk “Peran Media Siber di Era Digital”.

Dalam sambutannnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan peran SMSI Jateng periode 2017-2022 tidak bisa jika hanya di lingkup provinsi, melainkan di kancah nasional. “Perannya tidak hanya mewarnai percepatan pembangungan di Jawa Tengah dan umumnya di Indonesia,” ujar Hendi.

 

Kalau dilihat dari penampilannya, kat dia, pengurus SMSI kalau dilihat tampilannya yang tadi mampu membawa peran media siber di era digital seperti ini.

 

“Anak muda kita hari ini sukanya kekinian dan suka yang packing. Kalau dulu sebelum makan berdoa dulu, tapi sekarang yang penting foto dan dishare ke medsos. Ini menjadi hal unik dan harus ditangkap pengelola media siber. Anak-anak muda juga tidak suka hal-hal formal. Hal itu tentu berbeda dengan netizen senior,” lanjut Hendi.

Hal itu tentu harus ditangkap oleh para kawan-kawan media siber, katnya, bisa menangkap pesan itu. “Akan tetapi di tengah gempuran globalisasi ini, di tengah-tengah kita juga ada kelompok kecil yang memanfaatkan media siber untuk kepentingan berupa adanya berita hoak, fake yang sangat mengacaukan bangsa kita ini,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua SMSI Jateng Setiawan Hendra Kelana menegaskan bahwa era siber menjadi hal penting karena bisa menjangkau semua hal termasuk dalam pelantikan tersebut.

“Setelah dilantik, tentunya kami tidak bisa santai-santai karena memiliki tanggungjawab berat. Salah satunya ikut meliterasi, dan turut mencerdaskan netizen. Saya optimis ke depan SMSI akan bisa menjadi organisasi yang besar. Karena yang bergabung di SMSI ini adalah orang-orang pilihan dan mereka berangkat dari media besar. Jadi kalau SMSI ini bukan personnya, tapi medianya. Meskipun ada yang bukan pemilik medianya, namun mereka adalah yang diberi mandat untuk mengelola media tersebut,” beber dia.

Kelana berharap, semua media siber di SMSI ke depan akan menjadi media mainstream.

Harapan saya ke depan, kata dia, ke depan SMSI memang tidak hanya berkiprah di Jateng. “Namun sudah di sekala nasional,” tegas dia. (Red.HP/admin)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + sixteen =