Bumikan Potensi Lokal Lewat Lomba Nyethe

Ada Lomba Nyethe, Oro-oro Tengah Gempar

0
43

Pati, Harian Pemalang  – Alunan musik dari berbagai genre turut menyemarakkan bahkan menggemparkan Dukuh Oro-oro Tengah, Desa Dukuhseti, Pati, Minggu siang (14/1/2018). Sebab, ribuan warga berduyun-duyun ikut meramaikan Lomba Nyethe yang digelar Komunitas Kawan Ngopi (KKN) Kabupaten Pati. Selain alunan musik, mereka juga menyemarakkan agenda utama yaitu Lomba Nyethe dengan kopi.

Nyethe, atau melukis di tubuh batang rokok bukanlah hal mudah. Namun bagi puluhan warga Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupetan Pati, menjadi hal menarik dan menantang. Terbukti pada Minggu (14/1/2017), di Dukuh Oro-oro Tengah, Desa Dukuhseti, Pati, ratusan warga menonton puluhan peserta Lomba Nyethe yang digelar oleh Komunitas Kawan Ngopi (KKN).

“Total peserta ada 14. Ada dari Todanan, Blora dan dari Rembang. Sisanya dari Pati,” ujar Miftahul Huda panitia Lomba Nyethe kepada media.

Untuk hadiah, kata dia, ada piala, sertifikat dan uang pembinaan. Dijelaskannya, bahwa tujuan kegiatan itu dalam rangka mengangkat potensi budaya lokal yaitu seni batik khususnya batik kelapa kopyor khas Dukuhseti.

Kegiatan ini menurut dia adalah yang pertama kali di Dukuhseti bahkan di wilayah Kabupaten Pati. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat bisa memahami seni dari berbagai aspek dan utamanya mempromosikan seni batik khas Dukuhseti.

“Selama ini kegiatan genjrang-genjreng dan corat-coret dianggap buruk. Makanga lewat even ini kami memberikan wadah bagi mereka yang suka corat-coret dan genjrang-genjreng untuk meluapkan kreativitasnya,” tutupnya.(Red.HP /HI).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × four =