Selain Mengkafani Jenazah, Pelajar SMAN 1 Temanggung Diajarkan Praktik  Haji

0
39
Mahasiswa PPL STAINU Temanggung yang melakukan kegiatan praktik di SMA Negeri 1 Temanggung, bekerjasama dengan pihak sekolah, menggelar praktik manasik haji di KBIH Babussalam NU Temanggung di komplek kampus STAINU Temanggung.

Temanggung, Harian Pemalang  – Mahasiswa PPL STAINU Temanggung yang melakukan kegiatan praktik di SMA Negeri 1 Temanggung, bekerjasama dengan pihak sekolah, menggelar praktik manasik haji di KBIH Babussalam NU Temanggung di komplek kampus STAINU Temanggung.

Sesuai rencana, kegiatan ini akan berakhir pada besuk Kamis (8/2/2018) yang dimulai sejak Selasa (6/2/2018) kemarin.

Afif Khoirrurrahman, S.Pd.I guru mapel PAI Kelas X SMA N 1 Temanggung mendukung penuh kegiatan tersebut. “Saya sangat mendukung dan berharap agar setiap tahunnya dapat diselenggarakan manasik haji. Kegiatan manasik haji menjadi bekal pengetahuan di kemudian hari, di saat siswa diberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji,” kata dia, Rabu (7/2/2018).

Saya berharap di tahun depan, lanjut dia, dapat menjadi rutinitas siswa SMA N 1 Temanggung khususnya kelas X. “Tujuannya agar menjadi bekal pengetahuan bagi mereka dihari yang akan datang,” lanjut dia.

Sementara itu, Koordinator PPL SMA N 1 Temanggung, Roni Nefriyadi mengatakan bahwa kegiatan itu selain bermanfaat bagi pelajar SMA, juga menjadi bagian dari implementasi materi kuliah yang didapat saat perkuliahan di STAINU Temanggung.

“Materi yang kami terima saat microteaching adalah kurikulum 2013, dengan model pendekatan saintifik, yang tentunya harus disertai dengan keterampilan peserta didik untuk mengimplementasikan materi-materi yang telah dipelajari di sekolah,” kata dia.

Manasik haji ini, kata dia, kemudian, dilaksanakan untuk mensikronkan antara teori dan praktik. “Sehingga peserta didik mampu menganalisis keadaan serta mampu beradaptasi dengan hal-hal baru di lapangan yang mungkin luput tersampaikan disaat pemberian materi,” paparnya.

Selain manasik haji, lanjut dia, praktikan di SMA N 1 Temanggung untuk kelas XI juga sedang menjalankan praktik mengkafani jenazah. “Manasik Haji dilaksanakan pada hari Selasa 6 Februari 2018 sampai besuk Kamis, 8 Februari 2018 untuk kelas X SMAN 1 Temanggung,” tukas dia. (Red.HP/hi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =