Paguyuban Penyandang Disabilitas Berikan Penghapus pada Ida

0
157

Batang, Harianpemalang.com – Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah diberi kenang-kenangan penghapus oleh perkumpulan penyandang difabel di Desa Wonoketo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Minggu (25/3) malam.

Penghapus tersebut merupakan salah satu hasil karya anggota paguyuban, dari usaha yang mereka jalankan. “Bagi kami, keterbatasan bukan menjadi halangan untuk berkarya,” ujar koordinator paguyuban “Difa Karya”, Jafar.

Selain penghapus, kata Jafar, mereka juga memproduksi papan tulis, sapu, keset, dan sulak. “Kami hanya berharap pada bu Ida diberi sejumlah bekal keterampilan bila nantinya terpilih sebagai wakil gubernur,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan penyandang disabilitas lain, Syauqi. Menurutnya dengan berbagai pelatihan keterampilan akan bisa membuat hasil karya mereka menjadi lebih baik. “Bahkan mungkin bisa berkarya pada bidang yang lain,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, mereka juga mendoakan agar Ida benar-benar bisa memimpin Jawa Tengah bersama Sudirman Said. Doa dipimpin penyandang disabilitas perempuan bernama Solihatun.

Meski ada keterbatasan pada penglihatan, Solihatun diketahui telah hafal al-Quran sebanyak 30 juz. Solihatun pun juga berharap, ada pelatihan keterampilan pada kelompoknya.

Sementara itu Ida Fauziyah terlihat terharu atas permintaan dan doa dari paguyuban tersebut. Menurutnya mereka punya kelebihan tersendiri meski ada kekurangan pada tubuh mereka. 

“Saya sendiri untuk hafal 1 juz belum bisa. Ibu Solihatun sudah 30 juz,” ujar Ida.

Ida menambahkan, selama ini sudah ada undang-undang yang mengatur disabilitas. Dari undang-undang itu pemerintah provinsi/daerah harus membuat aturan lagi untuk memperhatikan penyandang disabilitas.

“Njenengan punya hak sama, atas akses ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan yang lain,” jelasnya.

Mantan ketua umum Fatayat ini menambahkan, kelompok ini sudah menjalankan usaha. “Ini tinggal difasilitasi. Saya juga salut mereka punya potensi, kemauan bekerja,” tandasnya.

Usai bertemu paguyuban “Difa Karya” Ida melakukan silaturahmi dengan ketua PCNU Kabupaten Batang H Ahmad Taufiq, dan tokoh agama KH Maskuri Abdul Manan di Warungasem, Batang.(Red-HP99/hrs).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 20 =